Nyan Cat

Sunday, June 9, 2013

Resume Tujuan Pokok Ekonomi dan Kurva Permintaan dan Penawaran


Tujuan pokok ekonomi adalah sebagai berikut :

  1. Masalah Stabilitas
Kestabilan adalah kondisi adanya keseimbangan dalam pemasokkan barang dengan kebutuhan masyarakat.Contoh barang yang seharunya stabil adalah sembako(sembilan bahan pokok).

  1. Masalah Pertumbuhan Ekonomi
Zero recruit adalah menempatkan orang yang ingin berkerja ditempat pekerjaan lama yang ditinggalkan dengan cara pensiun,sakit dan meninggal sehingga tidak ada kekosongan posisi dalam suatu tempat usaha.

  1. Masalah Pemerataan Kesejahteraan Ekonomi
Masalah pemerataan kesejahteraan ekonomi merupakan masalah yang paling banyak terjadi di Indonesia.Pada kenyataannya hal ini terjadi di pulau Jawa,pemerintah lebih fokus dalam pemusatkan pembangunan di pulau Jawa daripada di daerah lainnya.Hal ini yang mengakibatkan tidak meratanya kesejahteraan ekonomi masyarakat.Sehingga meskipun pertumbuhan ekonomi di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun,itu hanyalah sekedar angka dari rata-rata pendapatan perkapita masyarakat Indonesia.Yang artinya pendapatan masyarakat miskin menjadi tidak berarti karena terlampau jauh dengan orang-orang kaya di Indonesia.

Harga
Harga merupakan faktor kunci dalam pengambilan keputusan kita dalam menentukan suatu barang yang akan kita beli.Contoh nyatanya adalah jika kita ingin membeli sesuatu barang,yang pertama kali kita lihat adalah harganya dulu,jika harganya memungkinkan untuk kita beli maka akan kita ambil,jika harganya tidak sesuai dengan kemampuan kita maka kita tidak akan membelinya meskipun barang itu sangat kita inginkan.Yang menentukan harga adalah pasar.
Hukum Permintaan

Permintaan adalah jumlah barang yang diminta pada jumlah tertentu.Hukum permintaan berbunyi “ Pada saat harga mahal orang akan mengurangi konsumsi dan pada saat harga murah akan menambahkan konsumsi “
Dibawah ini adalah contoh tabel penerimaan dan penawaran.Bila orang menawarkan harga mahal maka permintaan akan 0 dan jika penawaran harga murah atau free maka permintaan akan meningkat seiringan dengan turunnya harga,singkatnya permintaan berbanding terbalik dengan harga. Sedangkan penawaran, jika harganya murah makan harga yang ditawarkan tidak ada dan jika ditawarkan harga mahal maka banyak peminatnya yang artinya penawaran berbandinga lurus dengan harga.




Dibawah ini ada kurva kesimbangan pasar yang merupakan gabungan dari kurva penerimaan dan penawaran.
`

 Ini adalah Kurva Keseimbangan Pasar. Dan kita menemukan titik untuk Kesimbangan Pasar yaitu pada P = 50 dan Q = 5. Ini merupakan titik temu antara Kurva Permintaan dan Kurva Penawaran.

Hubungan Produksi dan Konsumen
Produksi dan Konsumen sudah tentu harus saling berhubungan. Semua konsumen adalah pembeli barang yang akan diproduksi.

Hubungan antara produksi dan konsumen akan seperti ini :


Konsumen = C
Produsen = Y ( Pendapatan Nasional )
Maka Y = C
Pendapatan Nasional = Konsumen Nasional

No comments:

Post a Comment