Nyan Cat

Friday, October 14, 2011

Program Diri


Program diri

Mungkin  hampir semua orang mengetahui arti dari program diri,tapi tidak semua orang tahu artinya dan bagaimana membuat program dirinya sendiri.Program diri menurut saya pribadi adalah kemampuan  manusia dalam mewujudkan kemauan dan cita-cita dalam hidupnya melalui beberapa tahapan proses yang panjang.Tapi walaupun sudah mengerti artinya,melakukan program diri masih sulit dilakukan karena berkaitan dengan niat dan usaha orang yang melakukannya.Tapi tidak sedikit pula orang yang berhasil  karena ketekunannya dalam menjalankan program diri yang telah ditetapkannya seperti Thomas Alpha Edison,Albert Einstein,dll.Mereka berhasil karena memiliki ketekunan,usaha yang tak kenal lelah dan penuh dedikasi dalam menjalankan hidupnya.

Saat pertama kali Saya mendengar kata “program diri” , yang muncul di benak saya adalah setting terhadap diri sendiri untuk mencapai sesuatu.Tapi lama kelamaan Saya mulai berpikir,”sebenarnya apakah yang ingin Saya capai dalam hidup Saya?”.Jika pada saat saya TK dulu,jawaban saya adalah ingin menjadi dokter atau ingin menjadi orang yang berguna atau berbagai profesi yang bagus di pikiran Saya.Pikiran seperti itu sepertinya bertahan sampai Saya kelas 2 SMP . Selama itu saya bertindak sesuai apa yang Saya inginkan tanpa memikirkan tujuan jangka panjangnya.Sampai Saya naik ke kelas 3 SMP,Saya sudah mulai berpikir tentang tujuan jangka yang lebih panjang walau belum begitu jelas.Saya mulai memikirkan bagaimana caranya agar Saya bisa berhasil lulus dengan nilai yang bagus saat UN.Mulai saat itu sikap Saya juga berubah,Saya menjadi lebih serius terhadap pendidikan Saya.Setiap tugas yang diberikan sebisa mungkin Saya selesaikan hari itu juga.Hingga sampai pada akhirnya Saya sudah mulai memiliki gambaran tentang diri Saya sendiri.

Jika ditanya apakah program diri itu penting?Maka jawabnya,”IYA SANGAT PENTING BAGI MEREKA YANG INGIN SUKSES”. Sangat penting bagi Anda untuk memprogram diri anda untuk berhasil dan mencapai kebebasan finansial. Hal tersebut tidak akan terjadi secara otomatis. setiap hari anda harus memilih untuk hidup dengan sikap penuh pengharapan bahwa yang akan terjadi adalah semua hal yang baik dan akan membawa anda pada kesuksesan.

Setiap bangun tidur dipagi hari, hal pertama yang harus anda lakukan adalah siapkan diri anda untuk mengarah kepada hal-hal positif dan mengarah kepada tujuan anda. Katakan : "Saya suka diri saya”,”Hari ini adalah hari yang indah”,”Hari ini saya akan melakukan yang terbaik dari apa yang Saya bisa lakukan”,atau berbagai jenis kata-kata positif lainnya yang member motivasi dan semangat pada pagi hari.

Hal seperti ini harus dilakukan setiap hari agar anda memprogram bawah sadar anda dengan kesuksesan. Keadaan itu berputar atau berubah seiring dengan suasana hati, walaupun mencari kesenangan dalam kesengsaraan, masih juga bisa sibuk bukan main, dan sesungguhnya kegembiraan yang benar-benar tulus itulah yang merupakan hal yang paling menggembirakan dalam kehidupan ini!


Ada orang yang senang merangkul kesibukan dan keramaian, ada juga yang menyukai ketenangan dan kesantaian, tentu ada prinsip mendapatkan dan kehilangan, sesuai dengan kehendak masing-masing.Tetapi ada sebagian orang yang mengharapkan jika bisa memiliki keduanya, mereka umumnya mengejar kesempurnaan itu dengan membabi buta, ingin mendapatkan kenyamanan dalam kemewahan juga ingin mendapatkan kesantaian dalam ketenangan, dengan keserakahan yang tak mengenal puas mendambakan segala hal bisa sesuai dengan apa yang mereka inginkan.


Dengan demikian secara sengaja maupun tidak membuat persoalan semakin rumit dan meresahkan hati, dengan sendirinya bertambah lagi kesibukan yang sebenarnya tidak perlu ada.Semua persoalan itu ada awal dan akhir, ada yang duluan dan belakangan, ada berat dan ringan serta ada prioritasnya. Jika persoalan itu diselesaikan dalam perencanaan matang dan teratur, persoalan itu akan terselesaikan dengan sendirinya, jadi walau sesibuk apapun juga masih bisa menampakkan sikap yang tenang. Sebaliknya, dengan hati yang tidak sabar dan perasaan tak tenang, walau mempunyai kesenggangan waktu juga tidak bisa bersantai, walaupun tidak ada pekerjaan yang dikerjakan juga terasa sangat sibuk sekali.


Asalkan arah hati kita diletakkan pada posisi yang benar, meski setiap hari dari pagi hingga petang harus bekerja keras membanting tulang, juga masih bisa dikerjakan dengan hati yang riang dan bergembira. Ini seperti ungkapan dari Guo Wei, “Manusia yang bisa mengerjakan tanpa dikejar-kejar , maka karakternya akan menjadi tinggi dengan sendirinya.

Dalam mencapai program diri,pasti tidak luput dari proses dan apa yang terjadi di dalamnya.Kegagalan sering kali muncul,dan biasanya sedikit kegagalan langsung membuat kita putus asa untuk menggapai apa yang kita cita-citakan dalam program diri tersebut.Namun ada beberapa kiat yang bisa digunakan agar kita tidak mudah putus asa dalam menjalankan program diri kita.Kiat-kiat tersebut antara lain :

a)      Selalu percaya pada apa yang kita jalankan

b)      Kurangi hal-hal yang tidak mendukung terwujudnya impian kita

c)      Jangan mudah putus asa hanya karena sedikit kegagalan,selalu tanamkan bahwa tidak ada keberhasilan tanpa proses

d)      Motivasikan diri anda sendiri jika tidak ada yang bisa member support
e)      Jangan berikan target untuk mengalahkan orang lain,berilah target bahwa Anda harus bisa lebih baik dari apa yang Anda bayangkan


Dan tidak lupa kita juga harus belajar dari pengalaman orang lain,pengalaman orang lain bisa sangat berharga karena kita bisa belajar banyak dari mereka dan malah bisa lebih baik dari mereka. Pengalaman yang didapatkan langsung juga sangat penting untuk menambah pengetahuan tentang hal atau bidang yang digelutinya.

Jika ditanya apakah program diri Saya?Mungkin dulu Saya menjawab “tidak tahu” atau 
“belum terpikirkan” , tapi sekarang saya sudah memilikinya sejak Saya kelas 3 SMA.Bagi Saya kelas 3 SMA sangatlah berharga untuk Saya karena di sana Saya mulai menyadari peran Saya dalam hidup ini.Saya yang sekarang sudah bukan lagi anak kecil yang harus dituntun lagi setiap harinya.Akan Saya jelaskan program diri saya mulai dari SMA hingga sekarang dan nanti.


Saat kelas 3 SMA,Saya sudah memiliki pemikiran ingin menjadi seorang yang bisa dibanggakan oleh orang tua Saya karena presatasinya.Karena itu sejak SMA Saya sudah merubah pola pikir Saya dan membuat rencana jangka panjang.Saya bertekad untuk menjadi seorang programmer yang sukses.Tapi saat pemilihan jurusan Saya tidak memilih jurusan IPA karena Saya kurang dalam Fisika,lalu Saya memilih jurusan IPS.Saat awal-awal masuk kelas IPS,Saya berpikir akan jadi apa Saya di kelas yang sepertinya tidak kondusif untuk belajar.Tapi ternyata Saya cepat menyesuaikan diri dengan kelas IPS yang terkenal “ramai”.

Di kelas IPS tersebut,Saya memiliki rival buatan Saya sendiri tanpa sepengetahuan orangnya.Setiap ada ulangan dan pengambilan nilai Saya selalu bersaing dengan dia dan kadang Saya menang dan kadang Saya kalah.Sampai Saya berpikir kenapa Saya harus bersaing dengan cara seperti itu,mengapa tidak bekerja sama dengannya mencapai nilai yang terbaik dan memuaskan.Setelah itu kami saling membantu dalam pelajaran.Jika ada hal yang Saya bisa ajarkan pasti Saya bantu,demikian juga dengan dia.Setelah itu kami bersaing tanpa ada rasa benci dan secara terang-terangan dan sehat.

Setelah lulus SMA Saya bertekad untuk lulus 8 semester tanpa ada sedikitpun SKS yang gagal ataupun diulang.Pada awal-awal masuk kuliah Saya akan berusaha mengejar ketertinggalan pelajaran yang sejenis program bahasa computer karena ternyata teman-teman Saya ada beberapa yang sudah cukup mahir,lalu Saya juga berusaha untuk mengejar ketertinggalan pelajaran Fisika dan Kimia yang tidak Saya pelajari saat SMA.Untuk itu Saya juga harus belajar lebih extra dari teman-teman yang lainnya tanpa mengganggu pelajaran dan kehidupan Saya sehari-hari.Jika semua berjalan lancar sampai semester  8 dan akhirnya Saya lulus,Saya harap Saya mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan dan mampu member kesuksesan pada Saya.Setelah kira-kira Saya bekerja selama 2 sampai 3 tahun pada perusahaan tersebut,Saya berencana menikah.Setelah itu menikah,jika mampu Saya ingin berhenti bekerja dan memulai usaha baru setelah mendapat pengalaman dari tempat Saya bekerja sebelumnya sehingga Saya bisa sedikit lebih santai pada usia lanjut dan Saya berharap anak saya mampu melanjutkan usaha yang telah Saya buat sebelumnya.

Siapakah di antara kita yang bisa mengetahui masa depan yang akan ia jalani ? Siapakah di antara kita yang bisa memastikan seperti apa masa depan yang akan ia nikmat ? Tidak ada, tentu.Karena, masa depan adalah misteri yang tersembunyi, di balik waktu yang terus bergulir tanpa henti . Masa depan adalah rahasia yang terpendam dalam bumi gelap yang menyimpan sejuta kemungkinan.

Namun pasti, setiap orang menghendaki masa depan yang terbaik, setidaknya bagi diri dan orang-orang terdekatnya. Kehendak inilah yang membuatnya bersemangat berjuang . Karena sifatnya yang misterius, maka berjuang meraih masa depan jelas sangat menantang.Karena rahasia, maka kerja keras untuk mewujudkan masa depan jelas mengasyikkan.Seseorang akan berjuang keras meraih sesuatu ketika ia belum tahu bagaimana hasilnya Hasil  yang diketahui justeru akan menurunkan semangat berjuang… Perjuangan keras hanya akan menguat ketika hasil dari suatu capaian masih rahasia.

Akan tetapi, perjuangan meraih masa depan tidak hanya dihadapkan pada satu jalan, juga tidak hanya pada suatu keadaan yang konstan.Selalu ada perubahan yang selalu baru di setiap perjalanan.Dan inilah yang akan menguji mental sebegitu rupa.Jika seseorang tidak yakin dengan masa depan terbaiknya, ujian seperti itu bisa membuatnya mundur.Dan tindakan  mundur akan mengubur harapannya meraih yang terbaik selamanya.Maka, masa depan terbaik hanya bisa dicapai dengan keyakinan.Keyakinan bahwa ia bisa diraih, sekalipun dibutuhkan waktu yang lama, energi yang  besar, dan risiko yang tidak dipastikan.

Tapi selalu ada cara mencapai tujuan yang telah direncanakan oleh kita. Merencanakan karier dengan kemampuan yang dimiliki dan memanfaatkan kesempatan untuk maju dengan bekerja keras adalah sebuah kunci sukses. Lantas bagaimana caranya ? Simak langkah berikut:

1. Segera sediakan waktu untuk mulai merancang karier demi masa depan. Pikirkan apa yang akan Anda lakukan, catat, dan lihat realisasinya. Jangan biarkan kesempatan yang datang hilang begitu saja.

2. Tak perlu khawatir bila harapn tak terwujud, Siapkan plan B alias rencana cadangan. Beri gagasan cemerlang kepada pimpinan agar mereka puas dengan kinerja Anda.

3. Jangan biarkan karier membelenggu Anda. Ingat, masa depan Anda tergantung dari keputusan yang Anda ambil.

4. Hindari bekerja sendiri. Minta pendapat dari orang lain atau coba berhubungan dengan pihak lain yang berkaitan dengan Anda secara profesional. Jangan malu bertanya untuk kemajuan Anda.

5. Coba buka cakrawala Anda. Jika ada tantangan di luar sana yang lebih menarik dan dirasa akan meningkatkan karier dan profesionalitas, kenapa tidak dicoba?

 Seperti yang sebelumnya telah Saya jelaskan di atas,bahwa Saya dulunya membuat rival secara sepihak tanpa orang tersebut mengetahuinya,sekarang akan saya jelaskan bagaimana membuat diri sendiri menjadi rival yang harus kita kalahkan sendiri. Apakah Anda sudah menyayangi diri Anda sendiri? Beberapa waktu yang lalu saya bertemu dengan seseorang yang sangat frustasi menghadapi realitas kehidupannya. Dia hidup dalam tekanan yang cukup berat oleh persoalan cinta yang berlebihan terhadap keluarga dan uang. Akibatnya, dia sering merasakan berbagai keluhan sakit, setelah diperiksa ke dokter, secara fisik tidak ada penyakit serius yang dideritanya, tapi secara mental dia tetap merasakan berbagai keluhan sakit.


Seseorang yang sehat bila tertekan oleh energi negatif, maka dia akan merasakan ada penyakit di dalam dirinya. Padahal secara fisik dia itu orang sehat, tapi karena dirinya selalu berada dalam tekanan energi negatif, maka tubuhnya akan merasakan berbagai keluhan sakit. Kita sering menemukan peristiwa di mana seseorang harus memeriksakan diri ke dokter oleh perasaan sakit tertentu di bagian tubuhnya, tapi setelah di check up ke dokter,hasilnya dikatakan orang tersebut sehat-sehat saja. Ketidakseimbangan diri dalam menjalani kehidupan akan mengakibatkan berbagai keluhan sakit di tubuh. Oleh karena itu, pikiran, perasaan, tubuh, perilaku, dan karakter  harus selalu dikelola untuk tetap berada dalam satu keseimbangan energi.



Setelah berbicara dengan orang tersebut, saya memahami bahwa orang tersebut terlalu
memikirkan tentang masa depan kehidupan anak-anaknya, dan juga ada perasaan takut kekurang uang. Secara kasat mata, orang tersebut hidupnya sangat berkecukupan, dan anak-anak nya pun baik-baik saja. Perasaan dan pikiran dia menjadi sangat tidak stabil oleh sikap perfeksionisnya terhadap kehidupan. Dia menempatkan begitu banyak energi kehidupannya untuk memenuhi kebutuhan keluarga, dan melupakan kebutuhan dirinya sendiri. Dia kurang bersyukur terhadap hidupnya dan tidak menyayangi dirinya sendiri.



Mencintai dan menyayangi diri sendiri melalui perilaku kehidupan yang terkelola dalam keseimbangan hidup akan mengundang energi positif ke dalam diri; mengetahui secara bijak untuk menemukan keseimbangan antara memberi dan menerima adalah hal terpenting dalam mengundang energi positif ke dalam diri; Anda yang mampu membangun kepribadian yang bijak melalui karakter diri yang mensyukuri kehidupan, dan menyerahkan ketidakpastian kepada Tuhan yang maha kuasa akan membuat hidup Anda menjadi lebih sehat dan kuat.



Gunakan akal sehat dalam menjalani realitas kehidupan. Bila Anda membiarkan diri Anda tersiksa oleh ketidakpastian hidup, maka Anda belum memiliki kekuatan untuk menerima realitas masa depan. Hidup harus memiliki program untuk menggali potensi diri sendiri secara berkelanjutan dalam keseimbangan kehidupan diri. Memaksa diri untuk memikirkan dan merasakan hal-hal yang membuat diri menderita adalah kehidupan sia-sia yang mematikan potensi diri sendiri.Sayanglah kepada diri sendiri dan ciptakan kepercayaan, kesejahteraan, dan kepuasan dalam hidup Anda. Anda dilahirkan untuk mengoptimalkan potensi diri Anda melalui energi positif. Oleh karena itu, miliki perasaan dan pikiran tentang kelimpahan kehidupan kepribadian Anda menuju kebahagiaan tanpa batas. Terimalah kehidupan Anda dalam perasaan syukur dan terima kasih, lalu siapkan energi positif seoptimal mungkin di dalam kepribadian dan karakter Anda, untuk mengejar dan mencapai kehidupan yang Anda inginkan.

Anda berhak menerima yang terbaik dari kehidupan. Sekarang tinggal cara Anda untuk mau belajar mensyukuri realitas dan memperbaiki kualitas diri sendiri untuk dapat menerima lebih banyak kebahagiaan, kesehatan, kesejahteraan, kemakmuran, kedamaian, dan kesenangan dalam hidup.


Saya berharap dengan tulisan Saya ini bisa membantu sesama dan mampu menjadi motivasi bagi semuanya.Saya juga berharap semoga program diri yang telah Saya rencanakan bisa terwujud dengan baik.


Referensi:


No comments:

Post a Comment