Nyan Cat

Tuesday, October 8, 2013

3 Cara Mengetes Keaslian MLM


Bisnis berbasis multi level marketing sudah mulai bermunculan di Indonesia bahkan sebelum tahun 2007, ini bukan industri baru. Waktu MLM pertama kali muncul, banyak yang mengira ini cuma booming untuk satu sampai dua tahun kedepan, eh ternyata malah sampai sekarang orang juga masih ada saja yang berkecimpung di dunia MLM.Jadi ada 3 pertanyaan yang dapat mengetes keaslian suatu MLM,berikut caranya.
 1. Minta Tunjukkan Kapalnya
Entah siapa yang memulai, tapi sepertinya iming-iming mobil mewah sudah tak mempan lagi. Untuk mendapatkan banyak anggota baru, MLM harus memberi iming-iming yang sebenernya agak tidak masuk akal. Yoi, kapal.
Kenapa Kapal?Karena kalau iming-imingnya mobil mewah, apa mungkin orang yang nawarin kamu gabung ke MLM tersebut datangnya naik motor, kan tidak masuk akal. Nah, kalau kapal kan tidak bisa dibawa-bawa begitu saja, bilang saja ditinggal di pelabuhan, jadi susah ngececknya.Tapi disitulah kelemahanya, minta tunjukkan kapalnya. Pancing dulu, tanya ada di pelabuhan mana. Kalau dia sudah bilang kapalnya ada di pelabuhan mana, baru ajak dia ke pelabuhan tersebut untuk nunjukin yang mana kapalnya dia. Tidak bisa membuktikannya? Pasti bohong.
2. Minta Dimodalkan
Dari beberapa MLM yang saya tahu, seorang “atasan” akan dapat uang juga kalau “bawahan” mereka berhasil merekrut orang baru atau menjual sebuah produk. Nah, ketika kamu direkrut oleh calon atasan kamu, biasanya dia memuji-muji kamu, bilang kamu qualified lah, berkarakter kuatlah, apa lah. Pokoknya dia menunjukkan rasa kepercayaannya dia bahwa kamu akan menjadi atlit MLM yang ulung.
Berangkat dari rasa percaya calon atasan kamu yang menggebu-gebu ini, kamu bisa  minta dimodalin dulu. Bilang saja: “pak/bu/mba/mas,kalau bener percaya saya bakal jadi atlit MLM yang ulung, modalin saya saja dulu  untuk gabung. Toh kalo kerja saya bagus, pak/bu/mbak/mas juga yang untung. Ya kan?”.Dengan demikian kamu tidak akan rugi ketika berkecimpung di dunia MLM, toh masuknya juga gratis.
 3. Tidak Ada Produk Untuk Dijual
Poin ketiga ini bukan bermaksud membenarkan MLM-MLM yang punya produk untuk dijual ya. Tapi aneh saja jika rasanya ada sebuah organisasi yang bergerak di bidang multi-level marketing, tapi yang di-market-kan tidak ada. Jadi bagaimana caranya mencari uang hanya berdasarkan recruitment aja.Lalu apa produk yang akan dipasarkan?
Itu dia 3 hal yang perlu kamu lihat untuk mengetes keaslian MLM. Apa? Orang yang mengajak kamu gabung ke MLM tidak bereaksi terhadap tiga poin di atas? Berarti MLM tersebut palsu.Hati-hati deh.

No comments:

Post a Comment