Nyan Cat

Saturday, October 12, 2013

5 Langkah Sukses Menawar Barang


Siapa coba yang tidak pernah menawar? Hampir semua orang kalau lagi belanja pasti pernah menawar, dan tahu bagaimana caranya menawar. Ada yang ahli, dengan sekali tawar langsung dapat, ada juga yang sudah menawar tapi tidak dapat sesuai yang diinginkan. Ini sebenernya tergantung seberapa gigihnya kamu menawar dan seberapa taunya kamu dengan teknik menawar.Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan dalam menawar sebuah barang di toko.

1. Nawar

Tentunya kamu harus nawar dong. Kalo kamu lihat barang terus dikasih tau harganya berapa dan kamu langsung bayar itu mah namanya kamu banyak uang.Jadi begini caranya.
“Mahal Banget?”–> Ini adalah pembuka jalan, dan biasanya penjual akan  menjawab “Bisa kurang kok” atau “Emang segitu harganya”–> jangan mudah percaya, karena biasanya penjual itu suka bohong.Kalau sudah melakukan ini bersiaplah lanjut ke langkah selanjutnya.


2. Buat Perbandingan

Bilang ke penjualnya dengan membandingkan harga yang sudah kamu selidiki terlebih dahulu atau paling tidak kamu bohong sedikit, pura-pura tahu harga padahal sebenarnya tidak.Tapi inget, kamu juga harus sertakan kata-kata “Tapi barangnya lagi abis di toko itu” karena dengan demikian kamu tidak terlihat bodoh atau sedang membodoh-bodohi penjual yang mungkin bisa bilang “Ya mas/mbak beli aja di toko itu”. Kalo sampai tahap ini kamu belum sukses, kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya.


3. Masukan Unsur Kedaerahan

Sepertinya sudah ada peraturan tak tertulis untuk saling bantu dengan orang yang berasal dari daerah yang sama. Hal ini pun berlaku dalam situasi tawar menawar. Teknik ini jarang sekali gagal, dan yang sering menggunakannya itu biasanya ibu-ibu. Jadi yang harus kamu lakukan adalah mengetahui dari mana asal si penjual. Kalo kamu ternyata juga berasal dari daerah yang sama dengan penjual, kamu bisa bilang “Wah, kampung kita sama mas”–> Kalau bisa gunakan bahasa daerah si penjual. Tapi, kalau ternyata asal daerah kamu dan penjual berbeda, kamu bisa berpura-pura bodoh dengan ngomong,“Kita kan saudara juga mas, sama-sama cucu Adam”.Okay,ini sebenarnya becandaan,tapi siapa tahu dia malah terima tawaran kamu.Tapi kalau belum berhasil langsung menuju tahap berikut.


4. Sentuh Sisi Kemanusiannya

Apa mungkin tidak ada orang yang tidak mau bantu orang yang  lagi kesusahan. Nah, kalo kamu sudah kewalahan dengan pertahanan sang penjual, kamu bisa sedikit menurunkan ego dan derajat kamu dengan ngomong,“Ayo dong mas. Temen-temen saya udah pake iPhone 5s semua, masa saya doang yang gak pake, bantu lah mas, 3 juta ya yang 64GB bonus casing?” Kalau teknik ini berhasil, berarti ada yang salah dengan otak penjualnya.Atau ininya buat kesan kamu “sangat membutuhkan” barnag tersebut.Tapi kalau gagal, kamu bisa lakukan tahap pamungkas.


5. Tinggalkan Toko Tersebut


Sambil bilang, “Udah saya maunya harganya segitu, kalo gak mau ya sudah,” pasang muka yang biasa saja, biar ada efek kalau sang penjual sudah menyia-nyiakan rejeki yang di kasih tuhan via kamu. Nah, biasanya sih kamu akan dipanggil lagi oleh si panjual dan bilang,“Yaudah deh, sekian deh ya?,”–> tapi ini biasanya trik si penjual, karena pada dasarnya kamu sudah memenangkan pertempuran tawar menawar, dan mendapatkan barang yang kamu suka dengan harga yang kamu mau.Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment